PROFIL


SELAYANG PANDANG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Denanyar adalah suatu pendidikan setingkat SMU yang dalam proses penyelenggaraannya berada di bawah naungan Departemen Agama.Di samping mata pelajaran umum, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Denanyar banyak memberikan materi pelajaran agama yang diharapkan dapat berguna sebagai bekal kehidupan bermasyarakat dan juga untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN)Denanyar Jombang semula adalah sebuah madrasah swasta yang berciri khas pesantren yang didirikan pada tahun 1923 dengan nama Madarasah Mabadi’ul Huda oleh KH. Ahmad Bisri Syansuri atas seizin Hadrotus Syekh Bisri Syansuri, seorang ulama besar yang berkaliber nasional yang juga salah seorang pendiri organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU)

Kemudian pada tahun 1969 berdasarkan SK Menteri Agama No. 24/1969 Madrasah tersebut berubah statusnya menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Denanyar Jombang, yang sampai saat ini keberadaannya telah menjadi sebuah lembaga pendidikan alternatif yang telah banyak mencetak banyak birokrat, politisi, akdemisi, tokoh masyarakat, dan pimpinan pondik pesantren yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.

Dalam Penelitian Akreditasi Nasional tingkat Madrasah Aliyah tahun 2005, Madrasah Aliyah Negeri Denanyar Jombang merupakan Madrasah Aliyah Negeri dengan status terakreditasi A.

Visi
  • Terwujudnya Insan Akademik yang beriman, bertaqwa, islami, cerdas, kreatif dan terampil serta mandiri.

Misi
  • Berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan selalu berorientasi pda peningkatan keimanan, ketaqwaan, keagamaan, kecerdasan dan keterampilanserta pembelajaran para guru dan siswa
  • Meningkatkan kualitas lembaga dengan penataan sarana dan prasarana yang bersih, rapi, indah dan nyaman
  • Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif melalui peningkatan ras senang dan rasa memiliki bagi guru dan siswa terhadap MAN Denanyar
  • Meningkatkan pembinaan Bahasa Arab, Inggris, Kitab Kuning dan keterampilan secara aktif dan periodic

PROFIL MADRASAH ALIYAH NEGERI
DENANYAR JOMBANG


Identitas Sekolah
Nama Sekolah : MAN Denanyar Jombang
Berdiri : 1923
Alamat Sekolah : Jl. Imam Bonjol no. 21 Denanyar Jombang


Kecamatan : Jombang
Kabupaten : Jombang
Propinsi : Jawa Timur
No. Telp. : (0321) 866442
WebBlog : www.man-denanyar.blogspot.com


Kepala Sekolah



H. Sunardi SH. SAg. MPdI.