Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC

Zamrud Khatulistiwa

Tahukah kita bahwa dari ujung Pulau Sabang sampai Merauke terdapat bermacam-macam keunikan yang bisa kita pelajari dan juga kita nikmati. Tuhan menganugerahkan lautan yang luas dengan ribuan jenis binatang air serta hamparan hutan,sawah,dan ladang yang mampu menumbuhkan berbagai tanaman yang tidak bisa kita dapatkan di negeri lain. Hutan Indonesia yang luas ini juga menghasilkan banyak sumber oksigen yang bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup di bumi, sehingga tak heran jika karena banyaknya sumber oksigen ini Indonesia menjadi paru-paru dunia.

Letak Indonesia yang strategis, berada diantara dua samudera,dua benua, serta dua titik khatulistiwa ditambah memilki dua musim memberi potensi dalam segala aspek kehidupan. Indonesia dijuluki sebagai Negara Agraris karena kaya akan hasil pertaniannya juga dijuluki sebagai Negara Maritim karena kaya akan hasil lautnya.
Panorama alam Indonesia menyimpan keindahan yang menakjubkan. Pegunungan, pantai,danau,dan air terjun adalah diantaranya merupakan objek wisata yang mengagumkan. Selain itu ada juga objek wisata yang berupa situs-situs sejarah yang banyak digemari oleh para wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Persebaran fauna-fauna langka juga bisa ditemukan di sini, antara lain orang utan,badak,komodo,dan cendrawasih. Semuanya merupakan satwa-satwa yang khas Indonesia.

Indonesia juga memiliki kekayaan alam berupa bahan tambang. Hampir semua bahan tambang dapat ditemukan di Indonesia mulai dari logam,batu-batuan,sampai minyak bumi. Semuanya dapat dimanfaatkan oleh seluruh penduduk Indonesia bahkan dunia.
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk tebesar di dunia. Penduduk Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa. Tercatat ada lebih dari 400 suku bangsa atau etnis di seluruh Indonesia dan yang paling banyak mendominasi adalah Suku Jawa,Madura,Betawi,Batak,Ambon,Dayak,Bugis,dan Flores. Berbagai suku bangsa itu juga mempunyai berbagai bahasa daerah yang banyaknya lebih dari 116 bahasa. Oleh sebab itu tepatlah para pendiri negeri ini memasang semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya meskipun berbeda-beda tetap satu jua.

Kekayaan seni dan budaya Indonesia menjadi daya tarik tersendiri . Setiap daerah memiliki seni dan budaya masing-masing. Pakaian adat,rumah adat, senjata tradisional, sampai kebiasaan dalam bermasyarakatpun berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Sampai-sampai kesenian yang sangat khas Indonesia seperti keris,reog,wayang,batik,tarian tradisional, dan berbagai seni lainnya menjadi klaim negeri tetangga karena begitu menariknya kesenian-kesenian itu.

Keanekaragaman inilah yang menjadi keistimewaan Negara Indonesia. Dengan kekayaanya yang meliputi flora,fauna,bahan tambang, dan budaya, Maka kita harus selalu menjaganya agar tetap lestari dan utuh sehingga anak cucu kita nanti dapat mewarisinya demi keberlangsungan bangsa ini. Akhir kata meskipun tidak ada yang kekal di dunia ini tapi pantaslah jika kita masih membanggakan tanah air tercinta, Indonesia